kukreat

Loading...

Selasa, 09 April 2013

PERPUSTAKAAN

GIGIH WAHYU WIJAYANTI
2101410057
ROMBEL 02
PERPUSTAKAAN SEKOLAH
 





MACAM-MACAM PERPUSTAKAAN

1.      Perpustakaan internasional
a.       Perpustakaan internasional yaitu Perpustakaan kerjasama antara dua Negara. Perpustakaan Internasional ini dibuat untuk memenuhi standard an kebutuhan masyarakat akan tempat membaca juga untuk meningkatkan pendidikan di masyarakat.
b.      Perpustakaan Internasional Merupakan perpustakaan internasional yang memiliki koleksi yang menyangkut negara-negara anggota atau negara-negara yang berafiliasi kepada lembaga dunia tersebut. Perpustakaan ini dikelola dan diselenggarakan lembaga internasional. (Sutarno NS (2006:37)
Contoh:
-          Perpustakaan Parlemen Jepang di Gedung Utama Tokyo

2.      Perpustakaan nasional
a.       Perpustakaan nasional merupakan perpustakaan terbesar untuk sesebuah negara dan mempunyai koleksi terbanyak serta menjadi pusat rujukan utama.
b.      Perpustakaan Nasional adalah lembaga pemerintah non departemen (LPND) yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan, serta berkedudukan di ibukota negara.
c.       Perpustakaan Nasional (1) adalah perpustakaan yang berkedudukan di ibukota negara yang mempunyai tugas untuk menghimpun, menyimpan, melestarikan dan mendayagunakan semua karya cetak dan karya rekam yang dihasilkan di wilayah Republik Indonesia. (Pasal 1 Angka 5 UU Nomor 4 Tahun 1990 Tentang Serah-Simpan Karya Cetak Dan Karya Rekam). Perpustakaan Nasional (2) adalah lembaga pemerintah non departemen (LPND) yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan, serta berkedudukan di ibukota negara. (Pasal 1 Angka 5 UU Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan).
d.      Merupakan Perpustakaan Nasioal yang berkedudukan di Ibu Kota Negara Indonesia yang mempunyai jangkauan dan ruang lingkup secara Nasional dan merupakan salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) yang bertanggung jawab kepada Presiden. (Sutarno NS (2006:37)
Contoh :
-          Perpustakaan Negara Malaysia.
-          Perpustakaan Provinsi
-          Perpustakaan Kabupaten/Kota
3.      Perpustakaan umum/keliling
a.       Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, suku, ras, agama, dan status sosial-ekonomi.
b.      Pengertian perpustakaan umum secara luas adalah tempat atau lokasi yang menghimpun koleksi buku, bahan cetakan serta rekaman lain untuk kepentingan masyarakat umum. Perpustakaan umum dapat di artikan juga sebagai lembaga pendidikan bagi masyarakat umum dengan menyediakan berbagai macam informasi ilmu pengetahuan, budaya dan teknologi untuk meningkatkan dan memperoleh pengetahuan bagi masyarakat luas.
c.       Perpustakaan umum merupakan perpustakaan yang bertugas mengumpulkan, menyimpan, mengatur dan menyajikan bahan pustakanya untuk masyarakat umum. Perpustakaan umum diselenggarakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa memandang latar belakang pendidikan, agama, adat istiadat, umur, jenis dan lain sebagainya, maka koleksi perpustakaan Umum pun terdiri dari beraneka ragam bidang dan pokok masalah sesuai dengan kebutuhan informasi dari pemakainya.
d.      Perpustakaan umum merupakan lembaga pendidikan bagi masyarakat umum (Sutarno NS (2006:37)

Contoh:
-          Perpustakaan Umum Kecamatan, adalah Perpustakaan yang berada di Kecamatan sebagai cabang layanan Perpustakaan Kabupaten/Kota yang layanannya diperuntukkan bagi masyarakat di wilayah masing-masing.
-          Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan adalah perpustakaan yang berada di Desa/Kelurahan sebagai cabang layanan Perpustakaan Kabupaten/Kota yang layanannya diperuntukkan bagi masyarakat di desa/kelurahan masing-masing.

4.      Perpustakaan swasta/pribadi
a.       Merupakan perpustakaan yang dimiliki dan dikelola oleh perorangan atau orang-orang tertentu bersama anggota keluarganya. (Sutarno NS (2006:37)
b.      Perpustakaan Pribadi : Perpustakaan yang diperuntukkan untuk koleksi sendiri dan dipergunakan dalam ruang lingkup yang kecil.
Contoh :
Perpustakaan keluarga.

5.      Perpustakaan khusus
a.       perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang dibina oleh syarikat-syarikat persendirian yang mempunyai koleksi berkaitan perniagaan mereka.
b.      Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang diperuntukkan secara terbatas bagi pemustaka di lingkungan lembaga pemerintah, lembaga masyarakat, lembaga pendidikan keagamaan, rumah ibadah, atau organisasi lain.
c.       Perpustakaan khusus adalah salah satu jenis perpustakaan yang dibentuk oleh lembaga (pemerintah/swasta) atau perusahaan atau asosiasi yang menangani atau mempunyai misi bidang tertentu dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan pustaka/informasi di lingkungannya dalam rangka mendukung pengembangan dan peningkatan lembaga maupun kemampuan sumber daya manusia.
d.      Perpustakaan khusus berada pada lembaga-lembaga pemerintahan dan swasta. Perpustakaan tersebut diadakan sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang berkaitan baik langsung maupun tidak langsung dengan instansi induknya. . (Sutarno NS (2006:37)
e.       Perpustakaan Khusus : Perpustakaan yang diperuntukkan untuk koleksi- koleksi tokoh terkenal.
Contoh:
-          Perpustakaan Khusus SIRIM yang mengandung koleksi hanya berkaitan SIRIM sahaja. Penggunanya pula adalah kakitangan SIRIM dan penyelidik luar yang mau maklumat mengenai SIRIM.
-          Perpustakaan Bung Hatta.

6.      Perpustakaan sekolah
a.       Pengertian perpustakaan sekolah secara umum adalah sebuah tempat yang menyediakan koleksi literatur yang berguna bagi pendidikan di sekolah. Keberadaannya pun menyatu dengan lingkungan sekolah, serta hanya bisa diakses oleh civitas akademika sekolah yang bersangkutan.
b.      Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan, dengan tujuan utama untuk membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya.
c.       Perpustakaan sekolah berada di sekolah, dikelola sekolah, dan berfungsi untuk sarana kegiatan belajar mengajar, penelitian sederhana, menyediakan bahan bacaan, dan tempat rekreasi. (Sutarno NS (2006:37)
Contoh :
Perpustakaan SD/MI, perpustakaan SMP/MTs, perpustakaan SMA/MA.

7.      Perpustakaan perguruan tinggi
a.       Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang terdapat di institut pengajian tinggi dan koleksi-koleksinya berasaskan kursus yang terdapat di pusat pengajian tinggi tersebut.
b.      Perpustakaan perguruan tinggi ialah perpustakaan yang terdapat pada perguruan tinggi, badan bawahannya, maupun lembaga yang berafiliasi dengan perguruan tinggi, dengan tujuan utama membantu perguruan tinggi mencapai tujuannnya.
c.       Perpustakaan yang berada di Perguruan Tinggi, baik berbentuk Universitas, Akademi, Sekolah Tinggi, ataupun Institut. Keberadaan, tugas dan fungsi perpustakaan tersebut adalah dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, meliputi pendidikan, penelitian / riset dan pengabdian kepada masyarakat (Sutarno NS (2006:37)
Contoh:
-          Perpustakaan Unnes,
-          Perpustakaan Universiti Sains Malaysia,
-          Perpustakaan Sultanah Zanariah (PSZ, Universiti Teknologi Malaysia)
-          Perpustakaan Tun Dr Ismail (UiTM, Johor).

SUMBER
Riadi, Muchlisin. 2012. Pengertian, Jenis, Dan Tujuan Perpustakaan. -. http//Pengertian,.Jenis. dan. Tujuan.Perpustakaan.htm diunduh 18 maret 2013 pukul 14.15
-. 2010. Definisi Macam-macam Perpustakaan. http.//Definisi%20Macam-macam-Perpustakaan_jip2010.htm diunduh 18 maret 2013 pukul 14.32
-. 2009. Pengertian, Peran, dan Fungsi Perpustakaan. http://Pengertian/Peran/dan/Fungsi-Perpustakaan/WARINTEK.htm diunduh 18 maret 2013 pukul 13.57
-. 2012. Pengertian Perpustakaan Umum. http://Perpustakaan/Umum.htm diunduh 18 maret 2013 pukul 14.34



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar